Dalam rangka acara peluncuran Bajaj
Pulsar 200 NS pada tahun depan tersebut, maka BAI pun berkonsentrasi
penuh sejak sekarang. Bahkan acara JMCS 2012 (Jakarta Motor Cycle Show)
yang akan digelar pada tanggal 31 Oktober s/d 4 November 2012 bakal
tidak akan diikuti oleh BAI. Berikut ini adalah salah satu kutipan
obrolan Siddharth Vaz, Marketing Manager PT BAI dengan SL.com.
“Yes, we are not going to participate motor show in this year, because we are preparing for something with a big issue on early next year,”
Jika melihat sosok Pulsar 200 NS, motor
ini jelas mirip dengan KTM Duke 200 yang sudah hadir di Indonesia
melalui agen resmi PT Moto KTM Indonesia (lihat artikel perkenalan KTM Center Indonesia). Ya, kita ketahui bahwa KTM Austria dan Bajaj Auto India, keduanya memiliki global corporate business (perjanjian kerjasama perusahaan global) dalam mengembangkan strategi bisnis. Lihat http://www.bajajauto.com/ terlihat brand KTM Duke 200 di website Bajaj.
Bisa jadi salah satu perjanjiannya
adalah, KTM Duke 200 disepakati di produksi di pabrik Bajaj India, dan
selanjutnya produk tersebut dijual ke pasar otomotif dunia, termasuk
dijual ke Indonesia. Kemudian, sebagai perjanjian timbal balik maka
Bajaj Auto India diperbolehkan menggunakan platform KTM Duke 200 untuk
memproduksi Pulsar 200 NS yang mirip dengan KTM tersebut.
Paham kan? By the way tulisan diatas
merupakan asumsi pribadi SL.com. Tapi yang pasti pihak PT Bajaj Auto
Indonesia menyatakan secara jelas-jelas bahwa mereka tidak mengetahui
isi dan bentuk kerjasama antara KTM dengan Bajaj India, apa dan
bagaimana, dan juga sejauh apa tujuan perjanjian yang dimaksud. Soalnya,
persoalan mengenai isi dari pada global corporate business itu adalah milik para CEO atau pimpinan tertinggi dari kedua perusahaan tersebutu.
“Kami, PT BAI (red=Bajaj Indonesia)
hanya berkonsentrasi penuh pada aspek penjualan, dan juga pelayanan
after sales Bajaj di Indonesia. Saya disini tidak bisa memberikan
komentar apapun tentang hubungan kerjasama antara Bajaj India dengan
KTM,” kata M. Rizal Tandju sebagai Marketing dan PR Manager di PT Bajaj Auto Indonesia.
Spesifikasi Bajaj Pulsar 200 NS
Type | Type SOHC – 4V – Liquid Cooled |
Combustion system | Combustion system Triple spark (Tiga Busi) |
Ignition system | Independent spark control through ECU |
Crankshaft Type | Integral |
Max Power | 23.52 PS @ 9500 |
Max Torque | 18.3 Nm @ 8000 |
Bore | 72 mm |
Stroke | 49 mm |
Displacement | 199.5 cc |
Fuel system | Carburettor, UCD 33 |
Air filter | Paper element |
Exhaust system | Exhaust TEC enhanced centrally mounted |
Info lengkap: http://mypulsar.com/pulsar-200ns/technology.html